Menjelang Sidang Tugas Akhir

Seminggu yang lalu, (akhirnya) Tugas Akhir saya berhasil saya kumpulkan. Meskipun banyak hal yang sebenarnya menurut saya masih banyak yang kurang, namun saya paksakan untuk kumpul juga pada bulan Januari. Karena menurut saya saat ini yang saya butuhkan adalah waktu, saya tidak boleh membuang waktu untuk mengerjakan Tugas Akhir, toh pada akhirnya nilai Tugas Akhir beserta isi-isinya hanya akan menjadi masa lalu saja tanpa bisa memastikan masa depan.

Saya sering berkata dengan mudahnya pada teman-teman saya yang sudah mengumpulkan Tugas Akhir (sedangkan saya masih belum) dan dalam penantian menuju sidang Tugas Akhir bahwa mereka tidak perlu khawatir, mereka hanya perlu keyakinan untuk lulus saja dan 99% mahasiswa yang sidang Tugas Akhir pasti lulus. Hanya jika mereka berbuat curang dan sebagainya lah yang dapat dipastikan tidak lulus.

Tapi saat ini ketika saya sendiri tengah menjelang sidang Tugas Akhir, justru saya yang dagdigdug. Padahal saya dengan mudahnya berkata seperti yang diatas. Memang sangat berbeda ketika kita mengatakan sesuatu dengan melakukan sesuatu. Sangat mudah sekali untuk mengatakan sesuatu ketika kita sendiri tidak pernah mengalaminya, namun sebaliknya ketika kita tengah mengalaminya sendiri, menyemangati diri sendiri saja sangat susah. Namun saya tetap harus optimis, karena ada seorang motivator berkata: “Kesuksesan Anda di masa depan tergantung pada tingkat keyakinan Anda pada masa kini.” Sebaiknya saya harus meningkatkan tingkat keyakinan saya itu.

Thanks to Lord for helping me a lot with my Final Project! Doakan saya yah!

Hits today: “Bicara pada diri sendiri itu lebih susah daripada bicara pada orang lain!”

5 thoughts on “Menjelang Sidang Tugas Akhir

  1. hehe biasalah kalo mau sidang pasti dagdigdug, tapi pas sidangnya nanti semuanya itu ilang sendiri koq.. santai aja (eh aku dah pernah ngalamin lho.. 😀 )

Tinggalkan Balasan

