10 Tips mendidik sang Buah hati [calon pemimpin]

Father and SonSepuluh tips ini saya ambil langsung dari sebuah tabloid keluarga, yang saya pikir ini merupakan tips yang sangat bagus sekali buat semua orang tua (walaupun saya masih belum jadi orang tua, :P) yang telah memiliki buah hati calon-calon penabur benih cinta kasih di dunia ini. Postingan ini saya persembahkan untuk merekamereka yang sangat mengasihi dan mencintai buah hati mereka. Berikut tips-tipsnya :

1. Beri Contoh Baik

Ingat, Anda tidak akan selalu menjadi role model atau contoh yang terbaik bagi anak., karena Anda juga manusia biasa. Namun, akuilah kesalahan, minta maaf di depan anak, selalu bertanggung jawab, dan tunjukkan kepedulian Anda pada anak.

2. Tanggung Jawab & Konsisten

Bertanggung jawab terhadap hal-hal di dalam kehidupan Anda dan biarkan sang anak melihat Anda melakukan semua hal ini. Kerja keras, atur sasaran, dan konsisten di depan anak.Dan beri dukungan kepada sang anak untuk mengidentifikasikan sasaran mereka, serta bantu mereka dalam mencapainya.

3. Sokong semua kegiatan yang disukai anak Anda,

Dan berikan pujian bila mereka tahu caranya dan berhasil merealisasikannya. Mintalah juga pada mereka untuk mengajarkan Anda sesuatu yang lebih mereka ketahui dan tidak Anda ketahui, seperti pelajaran merajut, memotret, dan keterampilan yang lainnya.

4. Dukung pendapat anak

Tanyakan kepada anak-anak apa pendapat mereka tentang kejadian atau peristiwa yang diberikan di televisi, atau topik dari suatu diskusi yang telah dipilih. Biarkan mereka mengungkapkan pandangannya, bahkan walaupun pendapat mereka berbeda dengan pendapat Anda.

5. Beri tanggung jawab

Berikan mereka tanggung jawab untuk menyelesaikan berbagai tugas agar mereka merasa nyaman dengan keberhasilan yang dapat mereka capai. Mungkin mereka bisa mulai belajar cara memasak makanan yang sederhana seperti sup macaroni, atau membersihkan kamar tidur mereka. Beri pujian atas keberhasilan dari usaha yang telah mereka lakukan

6. Menentukan menu

Biarkan mereka menentukan menu makan malamnya sendiri, apa yang ingin mereka lakukan di akhir minggu, serta ke mana mereka akan berlibur.

7. Kreatif

Perlihatkan kepada mereka cara Anda bertanggung jawab terhadap segala situasi. Misalnya, bila Anda bosan menyetrika, Anda akan melakukan sesuatu yang lainnya agar tidak bosan seperti menyetrika sambil mendengarkan lagu kegemaran Anda, atau bila Anda tidak cukup uang untuk membeli barang yang sedang diidamkan, Anda bisa melakukan usaha lain untuk bisa mendapatkannya. Misalnya, berusaha membuat kue-kue kecil lalu menjualnya.

8. Berpikir positif

Ajarkan juga padanya bagaimana cara berpikir untuk menghilangkan segala sesuatu yang negatif, dan bagaimana caranya utnuk selalu menyelipkan cara berfikir yang positif ke dalam pikiran negatif mereka. Hal ini merupakan keterampilan yang akan selalu mereka miliki dan butuhkan kelak.

9. Selalu semangat

Perlihatkan gairah, semangat, dan keberanian di dalam menjalani kehidupan Anda kepada anak-anak.

10. Dukung kebebasan mereka

Menjadi diri mereka apa adanya, dan biarkan mereka mengungkapkan siapa diri mereka, memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan, dan jangan memperlakukan orang lain dengan cara yang membahayakan.

Iklan

13 thoughts on “10 Tips mendidik sang Buah hati [calon pemimpin]

  1. thanks mas! pas sekali buat saya yang sudah punya anak 😀

    The Answer :
    sama-sama bro..emang postingan ini buat bro jimmy juga..:)

  2. waaaa..makasi ni infonya.. q belon punya anak si, cuman banyak ponaan disini 😀

    The Answer :
    Hehehe..buat nanti aja..kalo udah punya anak..hehehe..:)

  3. Emang bener, anak punya mata dan kuping, jd musti hati2 bersikap di depan anak. Tips nya bagus…. 🙂

    The Answer :
    Iya..bagus..saya juga suka..:)

  4. Wah tips yang bagus, semoga calon2 pemimpin kita terlahir dari anak2 yang cerda dan pandai serta beriman dan dapat membawa INDONESIA BANGKIT dan MAJU!!
    Amin…………

    The Answer :
    Aminnn……:)

  5. Gw mo ajarin anak gw maen gitar sejak umur 3 tahun 😛
    gwahahahahaha

    The Answer :
    Bagus itu broo…biar jadi penggantinya Dewa Budjana…hohoho..:)

  6. Ada satu yg paling penting tp terlupa nih. Didiklah ia menjadi the true Reds ! You’ll Never Walk Alone, son !

    The Answer :
    Wah-wah…penggila bola nih ye…hehehe..salam YNWA bro! 🙂

  7. anak saya baru mau lahir :mrgreen:
    mo diajarin apa ya? hmmmm…

    The Answer :
    Ngikutin 10 tips ini juga boleh..saya cuman ngerasa kalo anak-anak Indonesia itu sebenarnya pintar2..tapi kalah PeDe dibanding anak-anak dari negara lain…*sedihmode:ON*

  8. saya sih belum punya anak, nikah pun juga belum…tapi tipsnya boleh juga diterapin kalau saya sudah berkeluarga nanti…good info mas…

    The Answer :
    Bolehlah…untuk masa depan nanti ya…:)

  9. satu lagi jangan ajari untuk membajak seperti kita2 ini ( hehehe sory buat yang kagak membajak ) biar karyanya juga kagak di bajak 😀 😀

    The Answer :
    membajak emang kegemaran dari negeri kita ya! 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s