Gaji…gaji…dan gaji!

Gaji Lover?Disaat saya tengah mengerjakan skripsi (dengan santainya^-^), banyak sekali teman-teman seangkatan saya yang sudah wisuda dan sudah atau tengah mencari kerja karena telah menyelesaikan studi sarjana S1 hanya dalam 7 semester saja. Hebohnya, banyak beredar kabar-kabar mengenai teman-teman saya yang telah lulus tersebut, mulai dari ‘apa pekerjaan mereka sekarang’ sampai dengan ‘berapa gaji mereka saat ini’. Dan rumor yang paling hangat adalah mengenai gaji berapa yang mereka terima. Banyak teman saya yang terkagum-kagum dengan nilai gaji tinggi yang telah diperoleh teman saya yang sudah bekerja. Memang sih, ada beberapa teman saya yang memperoleh gaji pertama yang tergolong tinggi bagi seorang fresh graduate, yaitu sekitar 3 juta hingga 4 jutaan. Besar bukan?!

Tentu saja, sebenarnya dalam lubuk hati saya yang paling dalam ada perasaan iri pada mereka (jujur!), tapi setelah melalui perbincangan dengan salah satu teman dekat saya, saya mulai berpikirUang gaji? lagi mengenai gaji. Menurut pemikiran saya, gaji merupakan suatu cerminan dari proses yang telah kita lakukan. Jika kita melakukan proses yang baik dan benar, maka secara tidak langsung gaji yang kita terima akan ‘benar’ (baca:tinggi), demikian pula sebaliknya jika kita melakukan proses yang buruk, maka secara tidak langsung gaji yang kita terima akan ‘buruk’ (baca:rendah). Namun gaji tidaklah lebih dari sebuah hasil yang didapat melalui sebuah proses. Dan disini hal yang terpenting bukanlah hasil atau gaji itu sendiri tetapi lebih kepada prosesnya.

Demikianlah kira-kira pendapat saya..adakah pendapat lain dari anda yang bisa anda sharingkan disini mengenai gaji?

18 thoughts on “Gaji…gaji…dan gaji!

  1. Berhubung masi awal bulan, jadi saya ga mau ngomongin gaji. He-he. Ntar aja, pas bulan tua :D.

    Posisi menentukan gaji.

    The Answer :
    Loh?! Emang gajian-nya pas bulan tua ya?? Bukannya biasanya gajian pas bulan muda? (hehe, sori culun..belum kerja sih…:))

  2. setuju.. walaupun sekarang banyak orang yang dimana udah kerja sungguh-sungguh dan “benar”, tapi gaji tetap “tidak benar”

    The Answer :
    Kalo sudah gitu, mendingan kabur aja dari perusahaan?? 😀

  3. gaji … hiks… kapan gaji gw diatas 10jt. hehehe.

    hmm.. kalo menurut gw, ada juga besar/kecil nya gaji tergantung sama pelit/ngga nya perusahaan :p *pengalaman pribadi*

    The Answer :
    Waduh..capek deh kalo kena perusahaan yang pelit…btw, tetap berjuang deh..saya percaya kalo kita berproses dengan baik dan benar maka gaji kita pun akan “benar” dengan sendirinya…:D salam!

  4. gaji tinggi, impian semua orang, tapi kenyataannya seberapapun tingginya gaji, kebutuhan hidup (baca: lifestyle) selalu jauh lebih tinggi dan gaji tinggi tetap takkan pernah mencukupi.

    The Answer :
    Betul! Setuju! Kalau bisa merencanakan keuangan baru bisa tercukupi (meskipun dengan gaji UMR)

  5. motivasi berkata:

    heheheh

    yang penting kan sekarang udah dapat gaji…

    The Answer :
    Situ udah dapet gaji…saya belom…hiks2…(secara saya belom kerja sih..hehehe…)

  6. gaji kadang ga selalu berbanding lurus dengan usaha 🙂

    The Answer :
    Kalo menurut saya sih…untuk jangka yang panjang berbanding lurus…asal usaha kita selalu tinggi, gaji pasti juga tinggi…:)

  7. itu kerjanya dimana? kerjanya apa? ada lowongan gak? kualfikasinya apa 😆

    *mata ijo padahal blom lulus*

    The Answer :
    Temen saya sih katanya kerja di bank (gak tau sih namanya apa), dapet gaji (katanya..) 3-4 juta/bulan, kerjaannya jadi marketing bagian nyari kredit yang nilainya Milyaran…gak tau deh nyarinya dimana…:(

  8. ternyata standard gaji fresh graduate sekarang tinggi juga ya.
    inget-inget 9 th yang lalu, pertama kali kerja tuh standard di big 4 ‘cuma’ 1,8 juta. yah buat dulu sih berasanya lumayan. tapi dibandingin sekarang udah jauh banget ya… 🙂

    The Answer :
    Loh itu bukan standard gaji fresh graduate mas..justru karena gajinya dirasa tinggi sekali, makanya akhir-akhir ini menjadi topik pembicaraan oleh rekan-rekan sekampus saya..kalo gaji standard fresh graduate sekarang itu besarnya sekitar 1,5 juta sampai 2 juta…nah loh?! kalo yang Arman bilang 9 th yang lalu 1,8 juta itu kerja dimana bro? kalo 9 th yang lalu itu gede banget gajinya…

  9. Arman berkata:

    oo gitu… kirain emang udah naik.
    soalnya emang belakangan denger denger kalo gaji di big 4 untuk auditor udah 2.5 juta (KPMG atau PWC) –> yah keakuratannya gak 100% ya… hehe
    dulu 9 th lalu 1.8 juta itu starting salary di KPMG.

    The Answer :
    Wah..beneran ada ya gaji 1,8 juta 9 thn yang lalu?? KPMG itu apaan sih kerjanya?

  10. elyswelt berkata:

    bagaimana dengan gaji seseorang yang dulu dapat pekerjaannya karena nyogok ? 😀

    The Answer :
    Hah? masa ada sih dapet pekerjaan karena nyogok? baru denger deh kayanya…:( masa mau cari duit harus bayar dulu (nyogok)?….kalo itu mah saya gak tau..mungkin bisa kasih penjelasan lebih lagi?

  11. KPMG & PWC (PriceWaterhouse Coopers) itu consulting company. Salah satu divisinya tuh audit. Jadi ya kerjaannya jadi auditor. Tapi elu bukan accounting ya? teknik ya? teknik nya apa ya? kalo teknik industri atau komputer, di perusahaan consulting gini ada juga divisi untuk audit sistem. lupa istilahnya apa. yang begini malah biasa gajinya lebih gede dibanding financial audit.

    The Answer :
    Hohoho..saya dari teknik industri bro…mungkin yang bro Arman maksud adalah auditor sistem ISO (bagian Quality Control)..gede ya gajinya? enak donk kerja dibagian saya ya…hehehehe…:D

  12. well salam kenal juga…ga ada shoutbox jadi taruh di comment.

    gaji itu sebenernya juga bagaimana kamu mengapresiasi diri kamu sendiri…

    kalau kamu mampu dengan pekerjaannya kenapa juga pasang gaji rendah ??

    The Answer :
    But…kalo kita pasang tinggi, trus gak ada yang mau pake kita gimana donk…:)

  13. ada 3 pilihan simple sebenernya. tinggal milih mau yang mana :

    1. Terima gaji standard Fresh Gred. dengan catatan pas interview bilang, minta review setelah 3 bulan. Kerja mati2an. lembur tiap hari kalo perlu. nanti setelah 3 bulan. tagih janjinya, sekalian minta araisal. (mungkin terdengar aneh.. tp i assure you, it worked for me :p)

    2. Tunggu company yg mo gaji tinggi. Kaul nya ya itu kaya temennya, cari client milyaran. kl ga perform siap2 aja ditendang. lol.

    3. Cari pacar anak konglomerat, siapa tau bisa kerja sama bokapnya (yg ini ga tau, blm perna sih :P)

    *salam kenal btw 😀 *

    The Answer :
    Wah, tips yang no. 3 itu rasanya menarik deh..:P..hahahaha…btw, thx atas informasinya, bisa buat ilmu pas cari kerja nanti…:)

  14. beyond berkata:

    gaji gak penting ah.. yg penting tuh take home pay.. kaya di KAP big 4, lo basic cuman dikasi antara 2.8 – 3.6jt.. tapi take home pay bisa ampe 7 ampe 8jt.. wkekeke.. ato kaya di consulting kaya Mckinsey ato BCg aja.. rata2 10an deh kayany.. makanya kuliah yg rajin.. wkekeke..

    The Answer :
    Take Home Pay itu sistemnya kaya apa sih? kerja dirumah ya? ato gimana? Hahaha..emangnya kuliah yang rajin pasti digaji gede ya??

  15. kayak quote di spiderman : bigger power, bigger responsibility. semakin gede gaji, semakin tinggi tuntutannya. jd jangan bangga dulu kalo dapet gaji gede. en btw, salah satu temen kamu yg gajinya gede itu kayaknya sekantor sama saya….

    The Answer :
    Hmmm?? masa sih? sapa..sapa?

Tinggalkan Balasan

