KETIKA POHON BERBICARA….

Old Tree

Aku ini penuh kebaikan

Ketika engkau tersengat teriknya Sang Surya

Aku ada disini melindungimu dengan ranting daunku

Ketika engkau terjatuh kelaparan

Aku ada disini memberimu makan dengan buahku

Ketika engkau tersiksa dengan kotornya udara kota

Aku ada disini memberimu kesejukan

Ketika engkau sendirian dalam kegelapan

Tebanglah rantingku untuk memberimu cahaya

Aku ini juga makhluk hidup

Meskipun aku bergerak lamban

Aku bernafas

Meskipun aku tertanam didalam berjuta butiran pasir

Aku bernafas

Meskipun aku tak tertawa

Aku bernafas

Dan aku bertumbuh besar

Aku ini juga makhluk hidup

Mengapa engkau menebang teman-temanku tak tersisa?

Mengapa engkau menyiksaku dengan kobaran apimu?

Aku ini penuh kebaikan

Semua yang terbaik telah kuberikan

Buahku….

Untuk makanmu…

Rantingku…

Untuk apimu…

Nafasku….

Untuk nafasmu…

Apa yang kau berikan padaku, wahai Manusia?

Kau beri aku kepunahan.. luka.. dan penyiksaan..

Apa maumu, wahai Manusia?

Terbaik telah kuberikan

Apa balasmu, wahai Manusia?

Aku ini juga makhluk hidup….

<Andre, 10April2008, 17:52>

5 thoughts on “KETIKA POHON BERBICARA….

  1. lebih seru lagi kalo ada gambar pohonya nih… 🙂
    oh ya tukeran link ya di blogroll? hehehe
    kamu udah aku link lho…
    aku ada temen di ubaya namanya sindhunata? kenal? anak TI.

    The Answer:
    Makasih sarannya, udah di-update tuh..hehehe..:D
    Udah dari tadi pagi di blogroll ku tertulis nama Joanne…tanpa dimintapun aku masukin kok..:)
    Sindhunata?Anak TIndustri y?Wah rasanya sih gak kenal, maklum aku udah termasuk tua disana…angkatan 2004 nih…:P…
    btw, thx for the comment…

  2. karena kami membutuhkan batangmu untuk membuat bahan papan kami :p

    lagi kesel sama pembalakan liar yah? sama…

    The Answer :
    Iya neh Neng Fey..pohon itukan juga sesuatu yang hidup seperti manusia…harusnya manusia tidak boleh seenaknya sendiri dalam pemanfaatannya…lagipula saya percaya pohon itu Mother Earth..pohon itu memberikan kehidupan pada bumi tercinta ini..

  3. 4guwija berkata:

    Pohon juga Makhluk Hidup..

    Kalau ngga ada tumbuhan(Pohon).. manusia juga ngga bakalan ada…
    Jadi seharusnya manusia juga berterima kasih ke Pohon…Karena Pohon kita ada..

    Setuju ngga..kalau ngga juga ngpp kok..:)

    thanks

    The Answer :
    Setuju donk broo…hehehe..seperti yang saya jawab pada komen sebelum inilah pokoknya..:)

  4. Puisi yang mengena.. Bagus..
    Lebih oke lagi kalo gambar pohon nya sedang di-tebang, jadi sangat2 mengena. Misalnya di sini:

    Btw, udah tanam pohon di Kalimantan (http://id.mybabytree.org)?
    Tadinya saya pikir agak2 bohong, soalnya setau saya google earth itu gambarnya kan ga uptodate.
    Sampai menemukan link http://www.pbs.org/idealab/2008/03/virtually-and-really-watching.html dan http://www.wwf.or.id/index.php?fuseaction=whatwedo.forest_NEWtrees&language=e

    NB: Saya sudah berpartisipasi lho..

    The Answer :
    Wah…hebat..coba saya tengok dulu…thx atas informasinya…:)

  5. nice poem here… ^__^
    memang sayang ya,kalau kita ga menghargai alam..
    bahkan disaat global warming uda jadi trend issue, toh kebanyakan org2 cuma ikut2an ‘berteriak’ tanpa ikut bertindak… NATO gituhhh.. hehehe…

    The Answer :
    Hmmm..udah ikutan beli tas hijau milik Carrefour? hehehe…:)

Tinggalkan Balasan

